Post #101 Saya Mulai Yoga (Lagi)

Bangun pagi, langsung mandi. Abis sholat nggak tidur lagi. Pasang “sticky mat” nyiapin tumpukan selimut, dan nyetel VCD instruksi Yoga by Rainbeau Mars. Kali ini Yoga untuk sesi pagi yang tujuannya sebagai detoksifikasi dan menyiapkan tubuh untuk lebih bugar selama seharian. Hihihi..target latihannya luar biasa ya?

Anyway, sudah lammmmmmaaa saya berhenti ikut “kelas privat” bersama dengan Miss Mars. Dulu waktu di kamar yang ┬álama, saya bisa rajin ikut kelas pagi dan sore. Nggak heran, dulu, badan saya kencang seperti sabuk dinamo. Sekarang, gombyor gembhel-gembhel, semacam karet gelang yang direndem minyak tanah semalam suntuk.

Yoga Poses

Nah, pagi ini, alih-alih saya tidur lagi, saya ikut kelas. Habis ngerendem cucian baju yang jumlahnya pas 14 biji, saya bersiap-siap mengikuti gerakan instruktur. Dimulai dari mengatur nafas…terus ke peregangan…abis itu melintir kanan melintir kiri..angkat kaki satu (yang satu gemeteran)….latihan keseimbangan..cuci perut…tarik nafas…tahan…buang nafas…kentut…( :-D yang ini nggak termasuk)

Urutannya kurang lebih seperti itu. Simpel sih, tapi efeknya? RUAAAARR BIASAAAA…saya jadi seperti muda kembali! eh, salah…nggak segitunya. Maksud saya, efeknya memang luar biasa. Muka jadi kenceng..beneran kenceng karena tegang sih sebenarnya. abis gitu keringetan sejagung-jagung. Badan panas semua…dan otot perut jadi kerasa kayak ditarik dan dikencangkan. Ffuuh…

Rasanya dibadan tuh enak banget…enteng…lemak berguguran dan tiba-tiba saya jadi langsing, cling!

(bagian dibadan enak itu emang bener, tapi kalo yang bagian lemak dan langsing itu lebay)

Buat saya, latihan Yoga itu sangat menyenangkan. Walaupun kadang susah ngikutin gerakan instruktur, apalagi kalo instrukturnya ada didalam TV. Jadi mesti rajin-rajin nengok ke TV mulu buat tahu gerakannya. Dari dulu saya emang nggak apal-apal urutannya. Makanya, masih suka ngecek, gerakan saya bener apa salah. Soalnya kalo nggak sesuai, efeknya jadi nggak kerasa. Instruktur bilang “kalau gerakannya bener, otot dibagian ini akan kerasa kencang” nah…kok otot saya nggak kerasa kenceng? berarti itu salah…dan ternyata…oooh, iya, saya salah posisi…hihihi.

Buat pemalas seperti saya, Yoga dirumah adalah hal yang paling mungkin dilakukan. Secara nih ya, saya nggak terlalu suka joging. Padahal manfaatnya luar biasa. Bagus buat jantung dan juga membantu program diet. Tapi males keluarnya itu lho yang nggak bisa dilawan. Kalo Yoga kan enak. Di dalam kamar, cuma pake celana pendek dan nggak pake baju #ooops dan abis itu, kalo emang beneran capek, bisa langsung tidur lagi… :-D

Banyak orang yang masih salah sangka dengan Yoga. Olah raga ini disebut-sebut sebagai pemujaan yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang beragam muslim. Di Malaysia sendiri Yoga dilarang dilakukan. sempat memicu pertanyaan dan kontroversi. Buat diri saya pribadi, saya tidak melihat yoga sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kepercayaan agama manapun. Saya melihatnya sebagai salah satu bentuk olah raga. memang, pada dasarnya, gerakan-gerakan yoga itu terinspirasi dari kegiatan ibadah umat agama tertentu, terutama Hindu di India. Tapi bukan berarti Yoga sendiri masuk kedalam ibadah.

Semuanya tergantung niat. Saya rasa, nggak ada tuh ibadah yang sampe muntir-muntir pinggang gitu…nggak ada ibadah yang mpe keringetan dan bikin lemes. Ibadah dimana-mana juga mudah dan nggak nyusahin umat. Nah kalo Yoga ini, susah. beneran. Kalo yang udah tingkat advance, malah bisa kaki jadi kepala kepala jadi kaki. beuh….

Sebagai muslim saya sendiri percaya bahwa kita memang diwajibkan untuk menjaga tubuh kita supaya tetap sehat. dan saya rasa tidak ada yang menyebutkan olah raga apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Balik lagi, masing-masing itu tergantung pada niatnya. Saya niatnya buat berolah raga kok, nggak buat nyembah dewa dewi. Satu-satunya Tuhan yang saya tahu ya cuma Gusti Allah. :-)

Jadi, saya tidak masalah dengan Yoga. Semoga Anda juga begitu. Yang pasti, saya pengen rutin nge-Yoga. Biar tubuh juga tetep bugar. Bayangin, dulu, saya bisa naik tangga kantor yang 2 lantai itu dengan sigap sambil lari-lari dan masih bisa nggak ngos-ngosan. Lha sekarang…ampun…ampun…naik tangga sambil jalan aja, sampai atas udah kehabisan nafas…

itulah kenapa saya ingin mengembalikan kemudaan saya…(ceileh,,) dengan berolah raga. Nggak perlu yang berat, tapi yang ringan dan kaya manfaat. Walaupun hobbit┬átapi saya pengen jadi hobbit yang lincah.

Hup Hiyaaaaa!!!

btw, ini lho guru Yoga saya :

Rainbeau Mars Yoga For Dawn Exercise